Peranan Sosial Media dalam Era Globalisasi

Hallo sahabat Sharing Wisnu kali ini gw kembali membawa sebuah inspirasi yang sekian lama gw pikirin tapi enggak gw tulis - tulis dan kali ini mumpung gw ada niatan buat nulis, maka gw akan membahas "Peranan Sosial Media dalam Era Globalisai".


Sosial Media itu apa sih? pasti kalian udah pada tau semua kan? Yapp,, sosial media adalah sebuah media yang dapat digunakan untuk bersosialisasi satu sama lain yang dilakukan secara online. Pasti kalian semua sudah pada sering menggunakan sosial media kan? jangankan anak muda atau abg bahkan anak kecil yang masih berusia 2 tahun keatas pun sudah mengenal sosial media karena mungkin melihat pada handphone orang tuanya. Namun itu bukan hal yang langka lagi karena dimasa Globalisasi seperti ini maka penggunaan teknologi boleh di pelajari oleh anak - anak namun dalam pengawasan orang tua.

Mungkin dalam pikiran kalian pasti banyak yang bertanya, Sosial Media itu berdampak Baik atau Buruk ? Jawaban itu kembali pada diri penggunanya masing - masing. Karena apa? karena penggunaan sosial media itu baik atau buruk tergantung dalam penggunaan dan pemanfaatan yang kita lakukan dalam sosial media tersebut. 

Apakah saja sih dampak buruk sosial media? kalian mungkin sudah tau sosial media saat ini tidak digunakan dengan baik dan semaksimal mungkin. Karena masih banyaknya beredar berita - berita palsu atau hoax, konten - konten pornografi atau masih banyak lagi lah.. nah  daripada kita membahas sisi negatifnya mari kita pelajari sisi positif dari sosial media.

Walaupun masih banyak orang yang memanfaatkan sosial media dengan cara yang negatif namun banyak juga yang memanfaatkan sosial media sebagai sarana positif yaitu : 

1. Sebagai media promosi
    Hal yang satu ini sangat banyak di manfaatkan oleh para pedagang - pedagang. Cara promosi melalui media sosial sangat efisien karena dengan itu kita bisa mengenalkan produk - produk yang kita miliki dan pemasarannya jauh lebih luas maka dari itu sosial media disini dapat berdampak positif pada perekonomian.

2. Sebagai media informasi
    Hal ini yang sangat marak digunakan oleh masyarakat sekarang. Media sosial digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi seperti berita, bencana alam, kejadian yang sedang terjadi saat ini dan lain lain. Namun ingat jangan sekali - sekali kita menyebar berita hoax pada sosial media karena itu bisa berdampak buruk bagi orang yang membaca maupun masyarakat lainnya.

3. Sebagai media berekspresi
    Hal ini juga seringkali dilakukan oleh para pengguna media sosial mereka berespresi melalui media sosial. Berekspresi yang dimaksud dsini adalah contohnya mulai dari orang - orang membuat status tentang keseharian mereka, membuat gambar atau membagikan gambar yang berisikan tulisan - tulisan mengenai pesan moral yang baik, atau bisa juga seperti saya yang berekpresi melalui Blog ini.

Pesan yang ingin gw sampaikan untuk teman - teman yang membaca artikel ini gw harap kalian harus menggunakan sosial media dengan baik dan benar ya agar bisa berdampak positif bagi diri kalian sendiri maupun orang lain.Baik sekian dulu artikel kali ini dan kita akan kembali lagi dengan artikel selanjutnya. Jangan lupa Follow kami di Facebook ya untuk mendapatkan update terbaru mengenai artikel pada blog ini. Terima kasih sobat :)

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
10 May 2017 at 11:31 delete

selain punya manfaat, sosial media juga punya sisi buruknya

Reply
avatar
Andimewa
AUTHOR
10 May 2017 at 11:37 delete

yang sering saya gunakan untuk jualan online mas hehe.. terutama facebook

Reply
avatar
Made Wisnu
AUTHOR
10 May 2017 at 11:39 delete

Liat sisi positifnya gan hehehe :v tergantung pemakaian��

Reply
avatar
Made Wisnu
AUTHOR
10 May 2017 at 11:40 delete

Bagus gan media sosial emang harus di manfaatkan dengan baik agar bisa menghasilkan hal positif😊

Reply
avatar
Josua Butar
AUTHOR
10 May 2017 at 11:48 delete

lumayan oke nih nambah pengetahuan

Reply
avatar
Made Wisnu
AUTHOR
10 May 2017 at 15:50 delete

Makasi bang atas kunjungannya..

Reply
avatar