Pengertian Domain Dan Hosting



Bicara soal website bukan asing lagi bagi kita semua mendengarnya, mulai dari website jual beli online, website pribadi, website perusahaan, dan lain sebaginya. Tapi tahukah kalian jika untuk membuat sebuah website harus membutuhkan domain dan hosting?

Apa itu domain?

Domain adalah nama situs unik yang digunakan dalam internet. Contohnya saja : www.blogger.com , www.google.com , dan lain sebagainya. Nama situs itu hanya ada satu di internet dan tidak ada yang sama. Berbeda dengan pemberian nama pada manusia, contohnya saja jika kita ibaratkan dalam dunia nyata pemberian nama budi bisa digunakan oleh banyak orang.

Apa itu hosting?

Hosting adalah sebuah space atau tempat di internet yang digunakan untuk menyimpan data - data pada situs. Entah itu situs perusahaan, pribadi dan lain sebaginya harus disimpan pada sebuah host agar nantinya bisa diakses secara online oleh pengunjung.



Sekarang sudah banyak penyedia domain dan hosting gratis. Namun jika ada yang menyediakan secara gratis, mengapa kita lebih baik memilih yang berbayar?












Ngomong - ngomong mengenai persoalan situs penyedia domain dan hosting gratis dengan berbayar sangatlah berbeda. Contohnya saja sebuah website www.freenom.com memberikan layanan domain secara gratis namun hanya dibatasi dengan domain .ga , .cf , .ml , .tk , .gq dan dengan rentan waktu hanya satu tahun pertama yang gratis berbeda dengan domain berbayar atau bisa kalian sebut dengan Domain TLD (Top-Level Domain) seperti .com , .net , .org , .id , dan lain sebagainya.

Jika kita bicara mengenai hosting juga demikian. Hosting berbayar tentunya jauh lebih baik daripada hosting gratisan namun itu semua tergantung juga kepada kebutuhan kalian. Kalau dipikir - pikir jika kita membutuhkan hosting dengan fitur dan spek yang tidak terlalu tinggi kita bisa bisa juga menggunakan yang gratis untuk meminimalisir pengluaran :D

Jadi mulai dari sekarang kalian bisa memikirkan ingin menggunakan yang gratis atau yang berbayar agar nantinya bisa berguna bagi diri kalian itu sendiri.

Mungkin itu saja yang akan saya bahas pada artikel kali ini, semoga artikel ini bisa berguna dan menambah ilmu kalian.

Jika ada yang ingin memberikan masukan dan saran lainnya silahkan berikan komentar pada kolom dibawah ini.




Previous
Next Post »