Apa itu SEO?

Hello sobat Sharing Wisnu ngomong-ngomong soal SEO, sepertinya banyak diantara kita yang merasa SEO itu adalah suatu hal yang harus dilakukan dalam menjalankan bisnis online.
Bahkan ada beberapa orang yang sudah menekuni blogger namun dia tidakmengerti apa itu SEO sehingga blognya memiliki traffic yang sangat seikit dan pada akhirnya membuat kita bosan menjalankannya.

Ilustrasi …

Ibaratkan jika kalianberjualan di sebuah mall yang ramai dan tempatnya strategis maka orang yang berkunjung dan berbelanja ke lapak kalian akan lebih banyak karena tempatnya ramai. namun sama halnya bila kalian berjualan di sebuah mall yang tempatnya tidak strategis sehingga sulit di jangkau oleh orang lain maka lapak kalian akan menjadi sepi.
Sama halnya seperti SEO, SEO membuat website atau blog kalian menjadi strategis bahkan dalam suatu pencarian bisa ada di page pertama pada search engine seperti Google. namun jika blog kalian jauh di pencarian maka website atau situs blog kalian akan sulit dicari oleh orang lain.
Website ibarat toko atau kantor atau workshop online kita. Semakin banyak yang mengunjungi website kita, maka kemungkinan terjadinya penjualan juga semakin besar. Dan langkah untuk menjadikan website kita ramai, juga membutuhkan biaya dan effort yang tidak sedikit. Langkah-langkah inilah yang dinamakan SEO.

Apa Itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimize adalah salah satu metode untuk mengoptimasi website supaya nantinya bisa muncul di hasil pencarian orang dengan kata kunci tertentu di search engine atau mesin pencari, seperti Google, Yahoo Search, dan Bing.
Metode SEO ini sudah masuk ke ranah pemasaran online, yakni bagaimana kita membuat website supaya dikenal oleh banyak orang melalui search engine atau mesin pencari.
Nah, untuk cara optimasi menggunakan SEO ini ada 2 macam, yang biasa dikenal dengan sebutan ONPAGE SEO dan OFFPAGE SEO.
ONPAGE SEO adalah metode optimasi website yang dilakukan di dalam internal website tersebut.
Sedangkan OFFPAGE SEO merupakan metode optimasi website yang dilakukan dengan melibatkan website lain, yakni dengan memberikan backlink ke website kita.
Ketika kedua metode ini sudah dilakukan, maka website kita akan punya kekuatan di mata mesin pencari. Dan sangat penting untuk memiliki mindset SEO yang benar supaya optimasi yang kita lakukan bisa berhasil.
Kalau saya boleh bilang, inilah salah satu metode yang harus dipelajari oleh para pemilik website supaya website nya ramai.

Baca juga : Cara Mengoptimalkan SEO
Sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat dan membantu kalian mengembangkan website dan blog kaian agar semakin ramai.
Previous
Next Post »