Cara Mengoptimalkan Laptop Atau Komputer Agar Tidak Lemot

Berbicara soal laptop atau komputer memang sudah banyak digunakan oleh banyak orang. Mulai dari anak - anak sampai orang dewasa menggunakan perangkat ini untuk pekerjaan, bermain atau kesehariannya. Sering kali kita menginginkan sebuah perangkat laptop atau komputer yang bagus agar bisa lancar saat memakainya. Yang harus kita pikirkan sekrang ialah.

Baca juga : 


Apakah kita harus membeli laptop atau komputer yang memiliki spesifikasi tinggi agar bisa lancar?

Jawabannya adalah iya.


Namun jika kita tidak memiliki bugdet yang cukup bagaimananya caranya?

Disini saya akan memaparkan bagaimana cara mengoptimalkan laptop atau komputer kalian agar bisa lancar saat digunakan walaupun laptop / komputer kalian memiliki spesifikasi yang rendah. 

Cara ini sudah berhasil saya gunakan, maka dari itu sekarang saya akan membagikan cara ini kepada pembaca setia blog Sharing Wisnu.

Namun perlu kalian ketahui mungkin cara ini tidak sepenuhnya bisa digunakan diberbagai laptop atau komputer tapi tidak ada salahnya kita mencoba untuk melakukannya.


Bagaimana cara kita mengoptimalkan laptop atau komputer?

Berikut adalah hal - hal atau langkah - langkah yang harus kalian lakukan dalam mengoptimalkan laptop atau komputer :

1. Hanya menggunakan atau menginstall aplikasi dan software yang diperlukan
Misalkan jika pada laptop atau komputer kalian terdapat banyak software yang tidak kalian butuhkan, kalian bisa menguninstallnya.

2. Tidak menginstall banyak software yang fungsinya sama
Seperti pengalaman saya, pada laptop dan komputer saya sendiri saya menginstall 2 antivirus, 2 borwser. Namun ketika saya menguninstall salah satunya jadi laptop dan komputer saya berjalan lebih lancar.

3. Memastikan penggunaan RAM yang efektif
Ibaratkan jika kalian ingin menampung air 4 liter pada wadah yang hanya berisi muatan 2 liter maka air tersebut akan jatuh dan membuat kalian susah membawanya. Begitu pula dengan komputer jika kalian menginstall suatu aplikasi yang membutuhkan kerja ram yang begitu besar kalian bisa tidak menginstallnya. Jika kalian menginstallnya itu akan menyebabkan fungsi laptop atau komputer kalian tidak berjalan dengan baik.

4. Menggunakan antivirus saat diperlukan
Cara ini mungkin rumit karena kalian harus menginstall dan menguninstall antivirus pada laptop kalian. Namun bagaimana agar kita tidak perlu melakukan cara ini? kita bisa melakukannya dengan cara menginstall antivirus yang tidak berjalan otomatis saat laptop atau komputer dihidupkan atau jika antivirus itu berjalan otomatis saat komputer atau laptop dihidupkan kalian bisa membeli versi premium atau berbayar dari aplikasi tersebut.

5. Menggunakan background bawaan laptop atau komputer
Banyak sekali dari kita yang menginginkan laptop dan komputer yang memiliki background yang menarik jjadi kita menggantinya dengan gambar - gambar atau foto kita sendiri. Namun apakah kalian mengetahui jika hal itu dapat menambah beban pada laptop atau komputer? iya, sesuai apa yang telah alami pada laptop saya ketika saya menggunakan gambar menarik yang saya dapatkan dari hasil searching saya pada saat komputer dinyalakan sedikit lebih lambat, tapi setelah saya menggantinya dengan background bawaan laptop sama yang berupa gambar windows dengan latar belakang warna biru. Penggunaan background dengan slide juga mempengaruhi kinerja laptop atau komputer kalian saat dihidupkan.


Baca juga : 



Nah, begitulah 5 langkah - langkah yang bisa kalian coba untuk mengoptimalkan laptop atau komputer kalian agar bisa berjalan lebih lancar. Terutama bagi kalian yang memiliki spesifikasi laptop atau komputer yang rendah, kalian tidak perlu khawatir lagi karena cara ini sangat efektif dan telah saya coba.
Previous
Next Post »

8 komentar

Write komentar
Yume
AUTHOR
26 July 2017 at 19:43 delete

wah keren nih bisa membantu buat ngoptimalin komputer

Reply
avatar
Made Wisnu
AUTHOR
26 July 2017 at 19:50 delete

Terima kasih telah berkunjung ;) semoag bermanfaat.

Reply
avatar
Dewailmu
AUTHOR
26 July 2017 at 20:06 delete

makasih gan,sekarang ane tau caranya. soalnya ane ngeblog nya sering pake laptop

Reply
avatar
Made Wisnu
AUTHOR
26 July 2017 at 20:14 delete

Terima kasih telah berkunjung gan :) semoga bisa menjadi solusi buat agan.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
26 July 2017 at 20:18 delete

thank's bro infonya... btw kalau upgrade hardwarenya bisa juga kan buat ngatasin masalah ini...?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
26 July 2017 at 20:25 delete

kalau menurut saya mending naikin aja RAM nya, cukup berpengaruh buat kecepatan laptop

Reply
avatar
Made Wisnu
AUTHOR
26 July 2017 at 20:26 delete

Iya gan betul sekali contohnya seperti meguprage processor atau RAM. Namun di artikel ini saya bahas hal agar membutuhkan biaya yang sedikit :D

Reply
avatar
Made Wisnu
AUTHOR
26 July 2017 at 20:27 delete

Iya gan betul sekali :D namun ada baiknya cara diatas dilakukan jika kita memiliki bugdet yang sedikit heheh :D

Reply
avatar